Komik Petruk Gareng

mengenang kala aku kecil dan mengingat bagaimana saat itu, dan akupun teringat mengenai Komik Petruk, gareng, Karya Tatang S. lalu aku jelajah pake google, dan dapatlah artikel ini dari blog dekade80 yang di poskan oleh pemilik blognya yang bernama joe.

dan inilah tulisannya.........
Di antara komik-komik cerita silat yang antara lain mengorbitkan para superhero Indonesia seperti Panji Tengkorak, Godam, Jaka Sembung, Si Buta dari Goa Hantu, terselip juga komikus Tatang S yang begitu terkenal di era 80-an dengan cerita komik Petruk Gareng-nya. Selain Tatang S ada juga komikus-komikus yang juga membuat karakter keluarga Punokawan tersebut seperti HAB, Hidayat Sujana, Rachman, Rowing, Rini A.S, namun tetap saja mereka tidak bisa menyaingi kepopuleran Tatang S.

Tatang Suhendra atau yang biasa dikenal Tatang S. adalah salah seorang komikus kawakan Indonesia yang hingga akhir hayatnya mendedikasikan dirinya di dunia komik. Kiprahnya dalam dunia komik Indonesia sudah sangat mempengaruhi dunia komik maupun seniman yang berkecimpung di dunia komik. Namanya yang besar nampaknya masih terasa meskipun beliau telah meninggal pada tahun 2003 lalu.

Tentu saja Tatang S selain menampilkan Petruk dan Gareng juga menampilkan anggota Punakawan lain seperti Bagong dan juga Sang Ayahanda Semar. Dalam komiknya Petruk Gareng digambarkan dalam era modern, dengan setting masyarakat bawahan di Desa Tumaritis. Petruk Gareng sering diceritakan sebagai pengangguran, kerja serabutan, banyak utang, hidup di lingkungan yang suka judi KSOB, terkadang memancing ikan untuk mengisi waktu luang. Meski selalu tongpes, mereka anak muda yang menantikan malam minggu, perayu ulung, dan mata keranjang yang suka menggoda gadis-gadis atau janda muda.

Dengan goresan-goresan yang sederhana, dan gambar hitam putih, tak ada ada yang serius dalam setiap ceritanya, humor-humor yang tidak perlu mengerutkan kening menjadi menu harian, meski kadang juga diselipkan horor-horor yang menampilkan pocong, kuntilanak dan sebagainya.

2 komentar:

  1. Kemana ya sekarang pak Tatang S. ??? apa khbr bapak itu ya?

    BalasHapus
  2. Beliau sudah meninggal karena sakit komplikasi ginjal dan darah manis akibat kebiasaan dan kesenangan beliau yang bergadang disertai minuman2 bersoda setiap membuat hasil karyanya

    BalasHapus

Tidak ada yang sempurna, begitu pula dengan saya, masukkan anda begitu berarti bagi perkembangan Blog ini dan diri pribadi saya...jangan pake spam...pokoknya NO SARA, NO SEX, NO ANARKI, NO POLITIK!!! Piss and luv.... Terimakasih

Diberdayakan oleh Blogger.